Komputer adalah suatu alat yang digunakan untuk mengolah data yang cepat dan dapat menerima informasi Input ( masukan/menginput ), lalu memProses input tersebut ( memproses ) sesuai dengan programnya dan kemudian Output ( keluaran / menampilkan ) berupa Informasi.
ketiga komponen tersebut sangat penting dalam menjalankan sebuah komputer, jika salah satu komponen tidak ada komputer tidak akan bisa digunakan. Dan juga ada komponen lainnya yaitu Penyimpanan dan Komunikasi. Dalam artikel saya kali ini, saya akan berbagi komponen-komponen atau peralatan-peralatan dalam Input, Proses, Output, Penyimpanan, dan Komunikasi.
· InputInput berfungsi sebagai media masukan dari luar ke dalam sistem komputer.Dan Perangkat Device dalam Input adalah :
1. Keyboard
Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.
2. Mouse
Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.
3. Joystick
Joystick adalah alat masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.
4. Track Ball
Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.
5. Light Pen
Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen (monitor).
6. Scanner
Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
7. Bar Code Reader
Barcode Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca barcode data.
8. Digitizer
Digitizer adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data analog menjadi data digital.
9. Touch Screen / Touch Pad
Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.
10. Kamera / WebCam
WebCam adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa di akses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.
11. Microphone
Microphone adalah perangkat keras keluaran yang dapat menangkap gelombang suara lalu merubahnya menjadi getaran listrik. Microphone ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.
· Output
Output adalah keluaran dari hasil Pemrosesan Input yang berupa tampilan ataupun Suara. Dan Perangkat Device dalam Output adalah :
1. Speaker
Speaker adalah perangkat keras keluaran(Output) yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.
2. Printer
Printer adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.
3. Monitor
Monitor adalah sebuah perangkat keluaran yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.
4. Projektor
Projecetor adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.
· Proses
Proses berfungsi untuk mengolah data dari Imput ( masukan ) kemudian mengeluarkannya ( Output ) berupa Informasi. Dan Perangkat Device dalam Proses adalah :
1. Processor
Processor adalah perangkat keras yang berguna untuk melakukan pembacaan, pengertian dan melaksanakan perintah dari pelaksanaan program.
2. RAM ( Random Acces Memory )
Ram (Random Access Memory) adalah Tempat dimana kita menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara.
3. Motherboard
Mainboard adalah papan sirkuit utama yang berguna sebagai tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, port, slot dan jalur konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat.
4. VGA ( Video Graphic Array )
VGA Card (Video Graphics Accelerator) Adalah perangkat keras yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.
· Penyimpanan
Media penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data-data dari komputer. Dan Perangkat Device dalam Penyimpanan adalah :
1. Hardisk
Harddisk adalah Perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.
2. Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.
3. CD-ROM / DVD ROM
CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.
4. FDD (Floppy Disk Drive)
FDD (Floopy Disk Drive) adalah perangkat keras yang digunakan untuk memutar piringan dan menggerakan head baca tulis yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam disket.
5. Magnetic Tape
Magnetic Tape adalah salah satu peralatan yang digunakan untuk penyimpanan data untuk berkas besar yang diakses dan diproses secara sequensial.
· Komunikasi
Media komunikasi adalah komponen tambahan dalam komputer yang berfungsi untuk berkomunikasi ataupun mencari informasi dalam komputer. Perangkat Device dalam Penyimpanan adalah :
1. Network Card
Network Card adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client
2. Modem ( Modeulator Demodulator )
Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
3. TV Card / TV Tunner
Tv Tuner Card adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyiarkan tv pada komputer.
EmoticonEmoticon